Muncul di google doodle hari ini siapakah ashima chatterjee

Asima Chaterjee

Asima Chaterjee adalah Ahli kimia organik, Asima Chatterjee membuka jalan bagi wanita India dalam sains dan meningkatkan kemungkinan bertahan hidup untuk penderita kanker, epilepsi, dan malaria.

Lahir pada tahun 1917, ketika India masih merupakan koloni Inggris, dia dibesarkan di sebuah keluarga kelas menengah yang relatif nyaman di Calcutta, di mana dia didorong untuk melanjutkan pendidikan – walaupun tidak mungkin ada orang yang mengharapkannya untuk mencapainya sejauh dia melakukan. Chatterjee menyelesaikan gelar Master di bidang kimia organik di University of Calcutta pada tahun 1938, dan enam tahun kemudian dia menjadi wanita pertama di India yang mendapatkan gelar doktor dalam sains. Sekitar waktu itu, ia mendirikan Departemen Kimia di Lady Brabourne College, sebuah perguruan tinggi wanita yang berafiliasi dengan Universitas Calcutta.

Assima Chaterejee

Sepanjang karirnya yang panjang dan produktif, penelitian Chatterjee berfokus pada senyawa kimia yang diproduksi oleh tanaman asli dari anak benua India. Karyanya pada sekelompok senyawa kimia dari tanaman periwinkle Madagaskar, yang disebut alkaloid vinca, berkontribusi pada pengembangan obat yang digunakan dalam kemoterapi untuk memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker dengan mencegah pembelahan sel. Penelitian lain menyebabkan obat anti kejang yang disebut Ayush-56, yang membantu mengobati epilepsi, dan beberapa obat anti-malaria. Dia menerbitkan sekitar 400 makalah dan beberapa jilid tentang tanaman obat India dan chemistry mereka.

Buah karya Asima Chatterjee yang paling dikenal dan diakui oleh dunia adalah penelitian soal vinca alkaloid. Diperoleh dari tanaman yang tumbuh di Madagaskar, vinca alkaloid kini digunakan di kemoterapi karena sifatnya yang menghambat perkembangan sel kanker.

Kerja keras dan pencapaian Asima Chatterjee diakui oleh universitas-universitas di seluruh dunia. Penghargaan pun berdatangan atas kontribusinya pada dunia medis dan ilmu pengetahuan.

asima chaterjee

Asima Chatterjee, misalnya, memperoleh penghargaan tertinggi Padma Bhushan dari pemerintah India. Ia juga menjadi wanita pertama yang memperoleh Shanti Swarup Bhatnagar Award di bidang kimia.

Asima Chatterjee  mendirikan Departemen Ilmu Kimia di Lady Brabourne College dan ikut mendidik generasi-generasi berikutnya dari para ilmuwan kimia di India lewat sebuah institut riset.

Chatterjee meninggal pada 22 November 2006. Hari ini menandai ulang tahunnya yang ke 100.

Video tentang ashima chaterjee

Ingin beli meteran laser klik : Leica Distance Meter

Lihat juga : drum cover Marshmello

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *