Orang terkaya di Indonesia nomor 3, 2 dan 1

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas urutan nomor tujuh sampai empat deretan orang terkaya di Indonesia versi majalah FOX, kali ini kita bahas urutan yang ke tiga, dua dan orang kaya nomor satu di Indonesia. Pada urutan ke tiga yaitu :

EKA TJIPTA WIJAYA 

Eka Tipta Widjaja berasal dari Coana Ciu, Fujian, China dan bernama asli Oei Ek Tjhong merupakan pendiri dan pemilik Sinar Mas Group. Ia pindah ke Indonesia pada saat usia 9 tahun, dan mulai berjualan biskuit di Indonesia pada usia 17, dia membeli biskuit dengan cara Grosir keudian di jual secara satuan. Saat ini aset keluarganya terbesar adalah di Perusahaan Telekomunikasi Smartfren, Sinar Mas Pulp dan Kertas, Energi dan Infrastruktur, Agribisnis dan makanan, jasa keuangan, pengembangan real estate. Anak-anak juga mengawasi pengembang properti Sinar Mas Land, yang membangun kota digital pertama di Indonesia. Asia Pulp & Paper mengalami kerugian lebih dari $ 10 miliar karena krisis keuangan Asia 1997. Total nilai kekayaanya sebesar $ 5.6 Miliar atau sekitar Rp. 72,8 T.

Orang terkaya nomor dua di Indonesia yaitu : Michael Bambang Hartono

MICHAEL BAMBANG HARTONO

Michael Hartono dan saudaranya Budi Hartono, yang kekayaannya terdaftar terpisah, adalah orang terkaya nomor dua di Indonesia. Kepemilikan bisnis Michael Bambang Hartono yang paling berharga adalah saham Bank Central Asia yang sahamnya diperdagangkan secara publik, salah satu lembaga keuangan terbesar di negara ini. Bagian lain dari kekayaannya adalah dari rokok kretek, sejenis rokok yang merupakan campuran antara cengkeh, tembakau dan bahan lainnya. Perusahaan Hartono Djarum adalah salah satu produsen kretek terbesar di negara Indonesia. Total nilai kekayaanya sebesar $10.8 Miliar atau sekitar Rp. 141 T.

Sedangkan orang kaya nomor satu di Indonesia versi majalah Ekonomi Bisnis Fox yaitu : Robert Budi Hartono.

ROBERT BUDI HARTONO

R. Budi Hartono dan saudaranya, Michael (kekayaannya terdaftar terpisah), adalah orang terkaya di Indonesia berkat kekayaan yang di warisi dari ayah mereka, Oei Wie Gwan, yang pada tahun 1950 mengakuisisi perusahaan rokok Indonesia yang bangkrut, kemudian mengganti nama itu menjadi Djarum yang mana hari ini menjadi salah satu pembuat rokok terbesar di negara ini, yang mengkhususkan diri pada kretek, campuran cengkeh, tembakau dan bahan lainnya. Djarum ternyata sukses di pasar, namun bencana buat Djarum datang saat terbakarnya pabrik Djarum. Putra Budi Hartono, Victor Hartono menjabat sebagai CEO Djarum. Budi juga memiliki saham besar di Bank Central Asia yang sahamnya masuk dalam Bursa Efek. dan membeli situs Kaskus.

 

Tidak heran berkat sukses bisnisnya dengan rokok Djarum dan perbankan BCA, Robert Budi Hartono dan kakaknya termasuk orang terkaya nomor satu di Indonesia. Majalah ekonomi terkemuka Forbes 2016, menyebutkan kekayaan Robert Budi Hartono ini mencapai $ 10.9 Miliar atau sekitar . Rp. 142 T

Bara artikel : orang kaya Indonesia, 7 orang terkaya di Indonesia, memulai bisnis modal minim

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *