Sambungan 7 orang terkaya di Indonesia versi majalah FOX

Di artikel sebelumnya saya telah memuat daftar orang terkaya di Indonesia peringkat ke 7 adalah Matuar Sitorus dan peringkat ke 6 adalah Peter Sondakh, kali ini kita akan mengulas peringkat ke 5 dan peringkat ke 4.

Peringkat ke 5 di isi oleh Anthoni Salim.

ANTHONI SALIM

Orang kaya Indonesia
sumber gambar : hingarbingar

Anthoni Salim adalah pemilik perusahaan dengan nama Salim Group salah satunya PT. Indofood dan PT.Bogasari, yang mengumpulkan $ 1 miliar dari perusahaan ekuitas swasta pada akhir tahun 2015 untuk membantu mendanai ekspansi. Pada bulan-bulan berikutnya, perusahaan tersebut mengakuisisi sebuah tambang batu bara di New South Wales seharga $ 224 juta, membeli saham di rantai kopi Caffebene di Korea dan membuka pabrik mie instan di Serbia. Sekarang siap untuk membeli perusahaan pengolahan sayuran China Minzhong Food. Anaknya Axton adalah direktur Indofood. Ayahnya Liem Sioe Liong, yang pindah ke Indonesia dari China pada tahun 1938, menjalin hubungan dengan Soeharto sebelum menjadi presiden pada tahun 1967. Kepentingan keluarga juga mencakup perkebunan, otomotif, telekomunikasi, properti, ritel dan perbankan.

Grup Salim pemilik Indofood, menggenggam saham Rocket Internet sebagai induk usaha e-commerce Lazada dan Zalora. Sayap bisnis Grup Salim yang berbasis di Hong Kong itu menggenggam saham Philipphine Long Distance Telephone Company (PLTD).

Dari PLTD inilah Grup Salim memiliki saham Rocket Internet selaku pemilik lazada.com dan zalora.com dengan membeli 10% saham senilai 333 juta Euro pada Agustus 2014. Nilai kekayaanya sebesar $5,7 Miliar atau setara dengan 74,1 Triliun rupiah.

Posisi ke enam yakni : Susilo Wonowijoyo

SUSILO WONOWIJOYO

Orang kaya Indonesia
Sumber gambar : Viva.co.id

Susilo Wonowidjojo dan keluarganya mendapatkan keuntungan dari perusahaan rokok kretek Gudang Garam, yang menghasilkan 70 miliar batang rokok per tahun dan mempekerjakan 36.900. Meskipun ada regulasi peraturan yang ketat, keuntungan dan penjualan naik hampir 19% dan 8% pada tahun 2015. Hal itu pada gilirannya membantu mendorong nilai saham, dan kekayaan keluarga, yang meningkat sebesar $ 1,6 miliar selama 12 bulan sampai pertengahan November 2016. Bisnis yang didirikan oleh ayahnya pada tahun 1958 Ini dijalankan selama bertahun-tahun oleh saudara Susilo Rachman Halim sampai kematiannya pada tahun 2008. Susilo telah menjadi presiden direktur sejak 2009, pada tahun yang sama Juni Setiawati saudara perempuanya menjadi komisaris utama. Saudara laki-laki lain, Sumarto, mengelola perusahaan rokoknya sendiri bernama Grendel.

Rokok tersebut diproduksi di Direktorat Produksi Gempol di Pasuruan, Jawa Timur. Pada 2013, ia memperluas area produksi, yang kini memiliki sekitar 208 hektar yang tersebar di kabupaten dan kota Kediri dan di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

Orang Kaya Indonesia

Kekayaan Susilo tidak tanggung-tanggung. Dengan jabatannya sebagai presiden direktur, ia disebut-sebut sebagai salah satu pengusaha paling kaya di dunia. Sejak tahun 2009, versi majalah Forbes, ia selalu masuk dalam lima besar orang terkaya di Indonesia. Pada tahun 2015, memasuki usia 59 tahun ia masuk orang terkaya ke-2 di Indonesia dengan kekayaan 7.1 Miliar dolar AS. atau sekitar 92.3 Triliun rupiah.

Bersambung ke peringkat orang terkaya di Indonesia nomor 3,2 dan 1

baca artikel lain tentang, deretan orang terkaya di Indonesia atau Mulai bisnis modal minim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *