4 tips berbicara depan umum – Public Sepaking

Berbicara depan umum adalah kegiatan yang susah-susah gampang untuk bisa di lakukan, masalah pertama yang dihadapi adalah menghilangkan perasaan grogi, lancar dan mudah di cerna saat menyampaikan materi dan penilaian dari public kepada anda.

Public speaking adalah Ilmu komunikasi yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang, hanya orang-orang tertentu yang mau belajar memelajari ilmu komunikasi inilah yang bisa menguasai audience atau panggung dengan sempurna, tanpa perasaan grogi atau demam panggung.

Berikut empat tips agar kalian bisa menguasai audience dan sukses diatas panggung.

WATCH AND LISTEN (LIHAT DAN DENGARKAN)Tips berbicara depan umum

Pernahkah anda memiliki seorang Idola yang jago dalam ilmu Public Speaking, atau jika tidak memiliki idola pernahkah anda melihat orang yang jago berbicara di depan umum, seperti contoh Mario Teguh, Tung Desem Waringin atau tokoh-tokoh Public Speaking atau siapapun itu. Coba anda dengarkan dia, lihat dia, perhatikan cara berbicara nya, gerak tubuhnya, pakaianya. fashion nya, intonasi suaranya belajarlah dari orang-orang tersebut, terus dan berulang-ulang sampai hafal.

TOPIK 

Sebagai calon pembicara tentunya akan ada topik yang akan anda sampaikan kepada audience Topik ini bisa berbagai ragam yang bisa diangkat sperti misalnya Properti, Edukasi, Investasi, Motivasi, Keuangan, Kesehatan dll. Topik ini akan menentukan identitas siapa anda. Pilihlah topik yang benar-benar anda kuasai, gali semua informasai tentang topik yang akan anda bawakan dan jangan sekali-kali membawakan topik yang belum anda kuasai. Jika gagal ini akan berakibat buruk kepada penilaian tentang anda.

PRAKTEK

Dalam tahapan praktek ini bukan anda prektek menonton saja, melainkan anda sendiri yang praktek. Mulailah dengan diri anda dan gaya anda sendiri dengan bahan yang telah and pelajari dari tokoh idola anda. Coba lah terus menerus berbicara depan umum, anda akan terlatih dan mahir sesuai dengan jam terbang anda.

EVALUASI

Dalam hal evaluasi ini sebetulnya lebih ke arah modernisasasi, jikalau orang dahulu yang melakukan Public Speaking mengevalasi hasilnya dengan cara berbicara sendiri di depan cermin maka jaman seperti itu tinggalkanlah, kini kita hidup dalam dunia tekhnologi yang serba canggih. Berbagai peralatan modern telah tersedia bisa menggunakan Handphone, Handycam atau peralatan canggih yang lainya. Rekamlah semua aktifitas dalam konteks Public Speaking ini setelah dapat hasilnya, mintalah orang lain menilai pembelajaran anda.

Dengan sharing ini semoga anda bisa menjadi public speaking yang hebat..!

Salam.

Baca artikel lain tentang Kisah patung Sudirman, bisnis modal minim

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *